BPBD Sulbar Gelar Apel Siaga Bencana dan Kampanye Penggunaan Masker

by

MAMUJU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah provinsi Sulawesi Barat Melaksanakan Apel Siaga Bencana Dan Kampanye Penggunaan Masker Di Ruang Publik Tahun 2020 .

Kegiatan apel Siaga tersebut di pimpin langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo HGS,dan dihadiri wakil gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar,kepala BPBD Sulbar Darno Majid,yang dilaksanakan di Lapangan Tamajarra Korem 142 Senin(16/11/20).

Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo HGS menyampaikan, kegiatan siaga bencana non alam dan melakukan kampanye dengan menggunakan masker , bertujuan langsung untuk menghimbau masyarakat sadar dalam menjaga dan mematuhi protokol kesehatan.

Utamanya kampanye masker di ruang publik dan juga mendorong daerah untuk menekankan lagi ke masyarakat agar selalu menjalankan 3 M yaitu mencuci tangan dengan air bersih, memakai masker dengan baik dan benar, dan menjaga jarak.

Dalam kesempatan tersebut, Dody juga menyampaikan , keadaan iklim di Indonesia yang sudah memasuki musim penghujan. Untuy itu, Ia meminta agar Pemprov Sulbar dan masyarakat terus mewaspadai fenomena alam yang akan terjadi.

“Sesuai surat dari BMKG kepada Presiden tentang waspada iklim La Nina yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah Indonesia, patut untuk di wasapadai mengingat wilayah Indonesia memang daerah yang banyak rawan banjir dan longsor,” ujarnya.

Ia juga merekomendasikan pemerintah pusat dan daerah tetap bersinergi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana terutama bencana hidrometeorologi.

Menurut Dody, penanggulangan bencana harus dilakukan dengan menerapkan sinergi penta helix antara Pemerintah, Dunia Usaha, Akademisi, Media Massa, serta Masyarakat.

“Karena masalah bencana ini merupakan urusan kita bersama,” pungkasnya.

Usai apel , dilanjutkan dengan melakukan pembagian sejumlah masker di area Pantai Manakarra Kota Mamuju sebagai bentuk kegiatan sosialisasi dan ajakan penerapan protokol yaitu pemakaian masker di ruang publik.(ADV/Lal).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *