Home / Daerah

Thursday, 1 April 2021 - 12:55 WIB

Gubernur Sulbar Kunjungi Fasilitas Layanan Ketenagakerjaan di NTB

MATARAM – Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar bersama Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Rahim, melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB), melihat fasilitas layanan ketenagekerjaan untuk Pekerja Migran di Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.

Selasa 30 Maret, setiba di Mataram, Gubernur Ali Baal Masdar bersama Wakil Ketua DPRD Sulbar Abd Rahim beserta rombongan diterima Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Kunjungan bertujuan melihat fasilitas ketenagakerjaan dan sistem kerja fasilitas yang akan dibangun di Sulbar dalam waktu dekat dengan dukungan Kementerian Ketenakerjaan. Fasilitas yang dikunjungi, adalah gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Lombok Tengah, dan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kemenaker di Lombok Timur.

Menurut Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, Firdaus Attauwur, sarana dan fasilitas ketenagakerjaan untuk pembinaan dan pemberdayaan para pekerja, baik pekerja migran maupun PMI purna di daerah itu. Sarana dan fasilitas seperti itu, katanya, insya Allah akan dibangun juga di Sulbar dalam waktu dekat. “Kunjungan pak Gubernur melihat fasilitas ketenagakerjaan di Lombok Tengah melihat LTSA, lalu di Lombok Timur BLK UPT Disnaker NTB. Dua sarana seperti iti, insya Allah segera dibangun di Sulbar dengan dukungan Kemenaker,” jelas Tenaga Ahli Gubernur bidang Ketenagakerjaan itu, via telepon Rabu 31/3 malam. Kunjungan di Lombok Timur diterima Bupati M. Sukimaan Azmy dan Pimpinan Balai Latihan Kerja Lombok, Sabar.

Baca Juga  Pemkab Serahkan LKPJ 2020 ke DPRD Pasangkayu

LTSA di Komplek Disnakertrans Lombok Tengah, merupakan sarana pelayanan dan pelindungan PMI yang disiapkan untuk memberi layanan cepat, mudah, murah, dan aman bagi para calon pekerja migran. Juga, untuk pelindungan bagi pekerja migran dan keluarganya. LTSA tersebut, memiliki tujuh desk, yaitu desk Ketenaga kerjaan, desk Dukcapil, desk Imigrasi, desk Kesehatan, desk Kepolisian, desk BPJS Ketenagakerjaan, dan desk BP2MI.

Baca Juga  Gubernur Sulbar dan Plt. Gubernur Sulsel Hadiri RUPS Bank Sulselbar

Sebagaimana telah diberitakan, pelabuhan Tanjung Silopo, Polewali Mandar terus dibenahi untuk pelayanan pekerja migran dalam wilayah Sulbar dan provinsi lain di sekitarnya. Dalam kawasan pelabuhan, akan disediakan sarana berupa LTSA untuk pelayanan pekerja migran di Sulbar maupun provinsi sekitar di kawasan timur Indonesia. Sedangkan BLK, diharapkan juga menjadi pusat pembinaan tena kerja, sehingga menjadi tenaga kerja dengan kualitas SDM yang memadai dan siap kerja, baik di dalam negeri maupun sebagai pekerja migran di luar negeri.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Ali Baal Masdar dan Wakil Ketua DPRD Abdul Rahim disertai Ketua Komisi I DPRD Sulbar Syamsul Samad, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Muh. Natsir, Kadis Tenaga Kerja Bahtiar, Sekwan Abd Wahab, dan Tenaga Ahli Gubernur Firdaus Attawuwur. (Ali)

Share :

Baca Juga

Daerah

Amankan kebijakan larangan mudik, Polda Sulbar gelar Rakor lintas Sektoral

Daerah

Rapat Pembangunan Kantor Kejati Sulbar Pasca Gempa

Daerah

Dukung Program Prioritas Kapolri, Dalam Penanganan Covid 19

Daerah

Data Warga Beredar, PLH Bupati: Pemda Belum Merilis Data Resmi

Daerah

Persiapan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu Terpilih Dimantapkan

Daerah

DPRD Sulbar Gelar Rapat Gabungan Pansus Finalisasi Rekomendasi

Daerah

“Mengelola Zakat Mensejahtrakan Ummat” Menjadi Pilihan Tema Hearing Dialog Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah

Daerah

Tingkatkan Mutu Pengelolaan Keuangan dan Aset, Pemprov Sulbar Gelar Konsolidasi