Home / Daerah

Saturday, 24 April 2021 - 14:20 WIB

Jatanras Polda Sulbar ungkap Pencurian Modus Baru di Mesin ATM

Mamuju, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) melalui team jantanras kembali mengungkap aksi kejahatan dengan modus baru yaitu pencurian uang di mesin ATM, Kamis (15/4/21)

Terduga pelaku sendiri diketahui berinisial JM yang merupakan salah satu pegawai PT SSI yang bertugas melakukan pengisian mesin ATM.

Ia mengaku nekat melancarkan aksinya karena tidak memiliki uang. Aksinya sendiri sering dilakukan di dua lokasi berbeda yaitu di ATM yang berada halaman kantor Bupati dan kantor Polres Pasangkayu dengan meraib uang sebesar 354 juta berdasarkan hasil audit PT. SSI Mamuju.

Baca Juga  Kapolres Pasangkayu dan PJU, Ikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila Secara Virtual

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Reserse kriminal umum (Krimum) Polda Sulbar Kombes Pol Nyoman Artana berdasarkan hasil penyidikan.

Masih kata Dir krimum, modus yang dilakukan pelaku dengan cara memperbaiki ATM yang sebelumnya telah ia modifikasi, dimana ia memasang mesin tidak sempurna sehingga uang dalam ATM tidak bisa ditarik.

Jadi saat dilaporkan ke pihak Bank, iapun (pelaku) yang ditugaskan memperbaiki dan mengisi mesin ATM dapat dengan leluasa melancarkan aksinya mengambil uang sedikit demi sedikit di mesin ATM kemudian ditutup kembali.

Baca Juga  Ali Baal Masdar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Perkantoran Pemprov Sulbar

“Terduga pelaku bahkan pernah sekali melakukan aksinya dengan langsung meraib uang sebanyak Rp. 59.000.000 (lima puluh sembilan juta rupiah),” jelas Dir krimum.

Sementara itu, uang hasil kejahatan di pergunakan oleh pelaku untuk membeli 1 unit truk diesel dan selebihnya digunakan untuk keperluan kebutuhan pribadinya.

Atas perbuatanya pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatanya dengan sangkaan pidana pencurian dan penggelapan dengan ancaman pidana 5 tahun. ( Ali)

Share :

Baca Juga

Daerah

DPRD Sulbar Gelar Rapat Bamus Perdana Tahun 2021

Daerah

PLH Bupati Gerak Cepat di Masa Transisi

Daerah

Kanwil Kemenag Sulbar Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan PLHUT Majene

Daerah

Komisi III DPRD Sulbar Pertanyakan Pembangunan IPA dan SPAM IKK Di Tamasapi Mamuju

Daerah

Dewan Harap OPD Bisa Topang PAD

Daerah

Dandim 1418/Mamuju minta Masyarakat Patuhi Himbuan Pemerintah untuk tidak Mudik Lebaran

Daerah

Hadir Untuk Masyarakat, ini yang dilakukan Personel Kodim 1418/Mamuju di Bulan Ramadhan

Daerah

Ketuk Palu, Ranperda APBD Mamuju Tahun 2021di Sahkan