Home / Bisnis / Daerah

Sunday, 27 June 2021 - 02:20 WIB

UMKM Go Digital, Pemkab Mamuju Gandeng RTIK

MAMUJU-Upaya pemerintah daerah Kabupaten Mamuju untuk bangkit ditengah pandemi dan masa pemulihan pasca gempa berkekuatan 6.2 magnitudo di Mamuju terus digalakkan. Termasuk upaya untuk terus mendorong sektor UMKM sebagai bagian penting dalam menjaga putaran ekonomi masyarakat berbasis industri mikro, kecil dan menengah.

Tak tanggung-tanggung pemerintah daerah, melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian menggandeng sejumlah mitra strategis untuk mendorong UMKM agar lebih menggeliat di ibukota provinsi Sulawesi Barat itu. Satu diantaranya adalah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Mamuju.

Kolaborasi Relawan TIK bersama pemerintah daerah Kabupaten Mamuju tersebut salah satunya adalah untuk mendorong UMKM menggunakan platform digital sebagai basis pemasaran dimasa pembatasan sosial dan pasca adanya kerusakan sejumlah infrastruktur UMKM pada bencana gempa yang melanda daerah tersebut (15/1) lalu.

Ketua Cabang Relawan TIK, Abdul Wahab menuturkan untuk program tahap pertama bersama pemerintah daerah, satu diantara pendampingan yang dilakukan adalah dengan mendorong pelaku UMKM menggunakan marketplace sebagai basis pemasaran mereka.

Baca Juga  Wabup Herny Ajak OPD Terapkan Sistem Kerja Partisipatif

“Di Relawan TIK untuk tahap pertama ini dengan mengarahkan aplikasi berbasis marketplace atau jasa pemasaran bernama Kururio. Basis aplikasi ini dibuat oleh kawan kawan Relawan TIK Indonesia dan telah beroperasi pada 100 lebih kabupaten kota,” katanya.

Pada tahap berikutnya, pria berkacamata ini komitmen untuk tetap hadir di Mamuju dalam mengawal UMKM untuk memastikan mereka terakomodir dalam pasar digital. “Tadi tahap pertama mereka masuk dulu nanti setelah mereka terintegrasi dengan baik dalam system tentu ini akan membantu kami untuk menyampaikan kepada pemerintah bahwa statistik pergerakan UMKM kita pada kurun waktu tertentu ada di titik ini. Upaya ini untuk membantu pemerintah dalam memantau aktifitas UMKM dan terkait arah kebijakan yang akan diambil khususnya untuk tetap menjaga ekosistem dan pertumbuhan UMKM di daerah, ” sambungnya.

Baca Juga  Pelantikan Ditunda, Sekkab Plh. Bupati Pasangkayu

Sementara itu ditempat yang sama, Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi menjelaskan upaya pemda dalam mendorong UMKM Go Digital tersebut merupakan bagian dari ikhtiar pemerintah untuk senantiasa menjaga ekosistem perekonomian warganya. Tak terkecuali dengan menggandeng platform digital.

“Kita optimis mengingat produk produk kita sudah layak. Sehingga salah satu upaya kita adalah dengan membangun kemitraan bersama Kururio untuk mengakomodir produk UMKM masuk ke pasar digital,” ungkapnya.

Pencanangan kolaborasi pemerintah daerah bersama sejumlah mitra strategisnya ditandai melalui penandatangan komitmen bersama untuk memberi dukungan penuh terhadap pertumbuhan dan pengembangan UMKM khususnya di Kabupaten Mamuju. Program dukungan dan kolaborasi tersebut diberi tagline Taki Siola UMKM Keren.

Penandatanganan komitmen tersebut disaksikan lebih kurang lima puluh pelaku UMKM yang juga sedang menggelar pameran bersama. Pameran yang digelar di water park d’Maleo Hotel Mamuju pada Sabtu (26/6) hingga Minggu (27/6) pekan ini.(*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Yaumil Buka Forum OPD

Daerah

Ali Baal Masdar Gubernur Sulbar, Serahkan Bantuan Hibah Rp. 6,8 Miliar

Daerah

Pemkab Serahkan Enam Ranperda ke DPRD Pasangkayu

Daerah

Ali Baal Masdar: Pasca Gempa, Pemprov Sulbar Harapkan Percepatan Realisasi Komitmen Pemerintah Pusat

Daerah

Yaumil-Herny Dilantik di Mamuju

Daerah

DPRD Sulbar Gelar Rapat Pembahasa Pembebasan Lahan Gedung Farmasi

Daerah

“Mengelola Zakat Mensejahtrakan Ummat” Menjadi Pilihan Tema Hearing Dialog Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah

Daerah

DPA OPD Belum Rampung, Komisi IV DPRD Sulbar Kecewa