Home / Daerah

Tuesday, 2 November 2021 - 01:38 WIB

Zakat Merupakan Salah Satu Ibadah Dalam Agama Islam

Liputanterkini.id-Pentingnya pengaplikasian di lingkungan kerja masing-masing tentang informasi zakat lewat para penyuluh-penyuluh agama untuk diteruskan kepada masyarakat muslim yang ada di sulawesi barat.

Dalam sambutan kakanwil kemenag Sulbar DR.HM.Muflih B.Fattah mengatakan, bahwa zakat merupakan salah satu ibadah dalam agama islam untuk mensejahterakan umat agar umat islam tidak terlilit dalam kefakiran.

Kaadal faqruan yakuuna kufran yang artinya kemiskinan itu mendekatkan kepada kekufuran. Ini adalah salah satu hadits yang dibacakan kakanwil kemenag Sulbar saat membawakan sambutan di kegiatan bimas islam dalam rangka peningkatan literasi bagi penyuluh agama islam I kabupaten mamuju. Selasa, 2 november 2021.

Baca Juga  Gelapkan Motor dan HP, SY Diringkus timsus Polresta Mamuju di Makassar

Menurut Muflih, pengelolaan zakat ini sudah terlaksana dengan baik dan harus lebih dimaksimalkan. Untuk itu, umat muslim yang belum paham diberikan pemahaman, karena ada hak yang orang lain yang harus dikeluarkan.

Ini adalah tanggung jawab bersama sebagai ASN kemeterian agama, bagaimana pengelolaan zakat”ucar cucu KH.Daeng ini.

Ia pun mengatakan bahwa tugas sebagai penyuluh agama tidak gampang, jangan hanya surga dan neraka yang disampaikan melainkan termasuk juga tentang ibadah zakat. Peneliti dari UIN Alauddin makassar seorang guru besar dalam disertasikanya bahwa di negari ini masih  ada hampir 30% yang belum mengeluarkan zakat baik itu zakat fitra maupun sakat mal.

Baca Juga  Korupsi Dana Dak, Kejati Amankan Uang Negara

H.M Muflih B.Fattah mengharapkan kepada penyuluh agama islam dan Baznas untuk lebih atau potensi zakat yang ada di wilayah kerja masing-masing.

Hadir dalam kegiatan tersebut kabid, Bimas Islam Dr.H.Muhammad Dinar Faisal,M.Si, kankemenag kab.mamuju dan penyuluh agama islam PNS dan Non PNS.(HMS kakanwil kemenag sulbar/ED Lal)

Advertorial

Share :

Baca Juga

Daerah

Terima LKPJ Gubernur, Usman Tegaskan DPRD Sulbar Akan Bekerja Maksimal Lakukan Pembahasan

Daerah

Gelapkan Motor dan HP, SY Diringkus timsus Polresta Mamuju di Makassar

Daerah

DWP Kanwil Kemenag Sulbar Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Daerah

Kakanwil Kemenag Sulbar Pantau Proyek Bangunan di Mamuju

Daerah

Pemkab Pasangkayu Galangan Bantuan Kemanusiaan Untuk Majene-Mamuju

Daerah

Ali Baal Masdar : Percepatan Perbaikan Pasca Bencana Kedepankan Basis Data Valid

Daerah

Ali Baal Masdar Ikuti Peluncuran Program Literasi Digital

Daerah

Sekprov Sulbar : Perlu Berbagai Upaya Dorong Pemulihan Ekonomi di Sektor Pariwisata