LiputanTerkini.id – Pringsewu | 05 September 2025 – Jelang peringatan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2025, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pringsewu terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan listrik andal untuk mendorong pertumbuhan pariwisata, khususnya melalui dukungan kepada sektor perhotelan melalui penyalaan pasang baru listrik di Hotel Regency Pringsewu dengan daya mencapai 82.500 VA. Hotel yang berdiri sejak Maret 2015 ini kini semakin siap melayani tamu dengan tambahan fasilitas ballroom yang diresmikan pada 29/08 ini.
Manager PLN UP3 Pringsewu, Eka Nurwati, menyampaikan bahwa dukungan ini merupakan wujud nyata PLN dalam mendukung perkembangan pariwisata dan ekonomi lokal.
“Kami mendukung penuh kebutuhan listrik pelanggan, terutama sektor usaha yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan pasokan daya baru, operasional Hotel Regency diharapkan semakin lancar dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu,” jelasnya.
General Manager Hotel Regency, Bambang, turut mengapresiasi langkah cepat PLN dalam penyediaan pasokan listrik baru.
“Ketersediaan listrik yang andal menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas layanan. Ballroom baru ini akan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan maupun masyarakat yang membutuhkan fasilitas pertemuan di Pringsewu,” ujarnya.
Seiring dengan itu, pertumbuhan pariwisata di Lampung juga terus meningkat, di Pringsewu, daya tarik alam seperti Bukit Pangonan, Talang Indah, dan Air Terjun Sidoharjo kian diminati. Secara keseluruhan, Provinsi Lampung mencatat 17,87 juta kunjungan wisatawan domestik sepanjang 2024, melampaui target yang telah ditetapkan.
Selain memastikan pasokan listrik yang andal, PLN UP3 Pringsewu juga terus mendorong masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah mengajukan pasang baru, tambah daya, hingga mengakses layanan kelistrikan lainnya secara cepat, transparan, dan efisien.
Melalui langkah ini, PLN UP3 Pringsewu berharap dapat terus berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal sekaligus memperkuat sektor pariwisata di Lampung. Komitmen tersebut selaras dengan semangat Hari Pelanggan Nasional serta Asta Cita Presiden Republik Indonesia, khususnya cita keempat tentang pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.